Tauladan Ustman bin Affan


Dari Abu Salamah bin Abdirrahman, dia berkata: Utsman melihat orang-orang dari dalam gedung. Ketika itu dia sedang terkepung. Maka Utsman berkata, “Aku bersumpah dengan nama Allah, barang siapa ikut menyaksikan keberadaan Rasulullah ketika berada diatas gunung yang sedang berguncang, maka beliau menginjak gunung itu dengan kakinya. Setelah itu Rasulullah bersabda, ‘ tenanglah kamu, wahai gunung! Yang berada di atasmu sekarang ini adalah seorang Nabi, seorang shiddiq, atau juga seorang syahid’. Sedang aku sendiri pada waktu bersama beliau.”
Lalu Utsman ditanyakan dan dicari oleh beberapa orang. Maka dia berkata, “Aku bersumpah dengan nama Allah, barang siapa ikut bersama-sama Rasulullah shallallohu ‘alaihi wasallam pada peristiwa Baiat Ridhwan, yaitu ketika beliau mengutus aku kepada orang-orang musyrik penduduk Makkah, maka beliau berkata, ‘Ini adalah tanganku dan ini adalah tangan Utsman’. Lalu beliau menjabat tangannya membaiat untukku.”
Kembali ada beberapa orang yang bertanya dan mencari Utsman sehingga dia berkata, “Aku bersumpah dengan nama Allah, barangsiapa mendengar Rasulullah shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Siapa yang mau memperluas area masjid untuk kami dengan rumah ini, maka dia akan mendapatkan sebuah rumah di dalam surga’, maka aku akan membeli rumah itu dengan hartaku sehingga bisa memperluas area masjid.”
Ada lagi beberapa orang bertanya kepadanya sehingga Utsman berkata, “Aku bersumpah dengan nama Allah, barangsiapa ikut hadir bersama-sama Rasulullah shallallohu ‘alaihi wasallam pada waktu pasukan perang mengalami kondisi sulit, maka beliau bersabda, ‘Barangsiapa mau berinfaq pada hari ini, naka dijamin infaqnya akan diterima?’ maka aku menyediakan keperluan separuh pasukan perang dengan harta milikku.”
Beberapa orang kembali bertanya dan mencari Utsman sehingga dia berkata, “Aku bersumpah dengan nama Allah, siapa yang menyaksikan rumah yang menjual airnya untuk ibnu sabil (para perantau), maka aku akan membeli airnya dengan hartaku kemudian aku gratiskan untuk ibnu sabil.” Lalu masih saja ada beberapa
orang yang bertanya dan mencari Utsman.(HR. Ahmad)
inilah sediki kutamaan usman bin affan.. tauladan kita .Masya ALLLAH..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s