Pemimpin yang Ideal


Manusia dikodratkan untuk menjadi seorang pemimpin, baik itu menjadi pemimpin diri sendiri, maupun untuk orang lain namun buat para pria loe juga bakal menjadi pemimpin buat keluarga loe, istri loe, anak loe, atau adek-adek loe. Adapun pemimpin itu sendiri menurut gue adalah seseorang yang bisa bermanfaat bagi diri sendiri maupun sekitarnya. Because seorang pemimpin itu adalah sesorang yang bisa menaungi atau melindungi orang-orang yang dipimpinnya, dia merasa aman, merasa bahagia, atau merasa kalau dia dihargai.

Kalo gue ditanya, model kepemimpinan seperti apasih yang ideal itu?… gue bakalan ngejawab, model kepemimpinan seperti Rasulallah SAW. Udah deh pasti kita yang dipimpin seperti Beliau bakal sejahtera, seperti apasih kepemimpinan Beliau itu?… Beliau Cuma punya 4 sifat doang ko, yaitu;

1. Shidiq yang berarti Jujur

Udah deh kalo jujur apa yang ada pasti diutarakan dengan apa adanya, entah itu pahit atau manis yang pasti kita yang dipimpinnya pun bakal tau perkembangannya, and pastinya transparansi bakal dijamin, kaga ada tuh main belakang yang kalo dirasa sakitnya minta ampun, main tilep, main sikut sana sini kaga bakal kejadian. Yang jelas pemimpin yang jujur tu bakal jadi tumpuan harapan buat yang dipimpinnya, karena dia pantas dipercayai karena kejujurannya.

2. Amanah yang artinya dapet dipercaya

Yang namanya pemimpin pasti harus yang terpercaya dong, buat apa coba kita memilih pemimpin yang kaga bisa dipercaya, mau dibawa kemana kita entar, sejahtera kaga sengsara iya jadiin budaknya pula, mau loe?… pastinya kaga mau kan… makanya klo milih pemimpin tuh yang loe percaya, bukan orang-orang yang suka jual janji doang, yang akhirnya janjinya digadein ma duit gambar monyet (re: duit 500 rupiah kertas). Nah kalo loe milih pemimpin orang yang bisa loe percaya pastinya loe dah kenal banget dong ma tuh orang, and loe pun bakal tenang kaga was-was atau galau dibuatnya.

3. Fathonah yang artinya Cerdas

Cerdas disini menurut gue bukan berarti didasari orang yang harus memiliki gelar pendidikan seabreg, why?… because menurut gue orang cerdas itu kaga berpatokan sama banyaknya gelar pendidikan, but kecerdasan yang didasari spiritualnya yang ngebuat dia bisa mecahin segala persoalan atau masalah yang ada. Coba aja banyak kali orang berpendidikan tinggi tapi kaga punya dasar spritual yang kuat, akhirnya dia gadein tuh ijazahnya ma duit gambar monyet (re: duit 500 rupiah kertas). Yahuudnya pendidikan tinggi and dia punya dasar spiritual yang kuat, bener-bener dah cerdas B-G-T!!… (baca: banget nget)

4. Tabligh yang artinya komunikatif

Hemmmt… pemimpin tentunya harus komunikatif juga dong, masa kita dianggep benda mati, pemimpinnya diem membisu. Pemimpin juga harus bisa menjalin komunikasi yang baik dengan para orang-orang yang dipimpinnya, agar dia pun tau apa sebenarnya yang dihadepin oleh orang-orang yang dipimpinnya, adakah kendala atau persoalan yang belum dipecahkan solusinya. Apa lagi sekarang dah hidup di jaman era sosial media atau jejaring sosial, kemudahan ini tentunya dimanfaatkan untuk menjalin komunikasi yang interaktif dengan orang-orang yang dipimpinnya dong. Coba kalo komunikasi terjalin dengan baik, pastinya orang-orang yang dipimpinnya pun merasa senang, because setiap dari mereka ngerasa diperhatikan atau dihargai oleh pemimpinnya, bukan malah pura-pura tutup telinga and membisu gara-gara ada duit gambar monyet (re: duit 500 rupiah kertas) nutupin mulutnya.

Yaah begitulah menurut gue pemimpin yang ideal itu, yang tentunya pantas memimpin kita semua. and satu lagi yang menurut gue perlu ditiru oleh kita-kita, Rosulullah SAW dulu pernah ditunjuk untuk memimpin/memutuskan ketika batu hajar aswad mau dipindahkan oleh para pemuka/ kepala suku Quraisy waktu itu, padahal Beliau bukan dari kalangan bangsawan atau tokoh, namun beliau ditunjuk karena sifat beliau yang sangat disegani. Jadi Beliau kaga ngecalonin diri, dapi dicalonkan, nah ini poinnya kalo gue saranin pilih pemimpin tuh bukan yang nyalonin dirinya sendiri tapi yang dicalonkan, because kemampuannya yang sudah terbukti.

Oke mungkin itu saja sharing dari blog gue, sebelumnya sorry kalo ada tulisan gue yang kurang berkenan, and buat pembaca setia juga sorry update blog gue belum bisa konsisten…🙂

Sumber :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: