Kurikulum 2013 : Antara Harapan dan Tantangan


DSC_0098 MAN Kalabahi (Inmas) :                Pendidikan memegang peranan penting dalam menentukan masa depan bangsa Indonesia. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maka terjadi perubahan kurikulum melalui pengembangan Kurikulum KTSP menjadi Kurikulum 2013 Kurikulum yang terintegrasi.

Penerapan Kurikulum 2013 yang dicanangkan oleh pemerintah tentunya membawa harapan dan tantangan baru dalam upaya peningkatan mutu pendidikan nasional. Harapannya adalah membawa perubahan ke arah yang lebih baik, tantangannya adalah mampukah kita menerapkanya secara utuh???

Tentunya penerapan Kurikulum 2013 ini merupakan suatu hal yang baru bagi kita khususnya guru-guru Madrasah di wilayah Kabupaten dan pulau-pulau terpinggir, sehingga perlu adanya sosialisasi-sosialisasi guna meningkatkan pemahaman guru dalam penerapan kurikulum 2013 tersebut.

Dari pemikiran inilah maka disela-sela kesibuakan menghadapi Ujian Nasional 2013/2014, MAN Kalabahi menyelenggarakan kegiatan Workshop Kurikulum 2013 dengan mengundang pemateri dari Kanwil Dinas Pendidikan Propinsi NTT,  H. Ma’ruf Peni, S.Pd yang didampingi oleh Pengawas PAI Kementerian Agama Kabupaten Alor, Drs. Kadir  Hasan Bakri.

Kegiatan workshop yang diselenggarakan pada hari sabtu dan minggu (18-19/1/2014) bertempat di Aula MAN Kalabahi ini diikuti oleh segenap guru MAN Kalabahi, kepala MA, MTs, dan MI serta perwakilan guru-guru Madrasah se-Kabupaten Alor.

Dalam sambutannya Kepala MAN Kalabahi, Drs. Pahlawan Pakro, M.Ag menyampaikan ucapan terimakasih yang tak terhingga kepada para pemateri dengan harapan melalui kegiatan workshop sosialisasi ini guru-guru madrasah dapat meningkatkan kualitas diri menjadi guru professional dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat sesuai dengan standar pendidikan nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Hal senadapun disampaikan oleh Kepala Kementerian Agama Kab. Alor yang diwakili oleh Drs. Kadir Hasan Bakri. Dalam arahannya beliau menegaskan bahwa kurikulum merupakan pedoman dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran sehingga perlu adanya pengembangan kurikulum, maka kesempatan emas ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga kita mampu memahami dan mempedomaninya dalam melangkah menuju tahun ajaran baru  mendatang.*HK

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s