BIMTEK KURIKULUM 2013 OLEH MAN INSAN CENDIKIA SERPONG DAN MAN INSAN CENDIKIA GORONTALO DI MAN KALABAHI


DSC_0671Keberhasilan pembangunan pendidikan yang berkualitas sangat dipengaruhi oleh berbagai komponen pendukungnya, diantaranya adalah kurikulum dan kemampuan guru dalam menerapkan kurikulum tersebut.
Kurikulum 2013 yang telah ditetapkan oleh pemerintah akan terimplementasikan dengan baik jika guru terlebih dahulu telah mamahami kurikulum tersebut.
Dalam rangka meningkatkan kualitas dan pemahaman terhadap kurikulum 2013 tersebut, MAN Kalabahi bekerjasama dengan MAN Insan Cendikia Serpong dan MAN Insan Cendikia Gorontalo dalam memberikan BIMTEK (Bimbingan Teknis) kepada guru-guru Madrasah se-Kabupaten Alor.
Kegiatan Bimtek yang dilaksanakan selama 3 hari ( 7 – 9/10/ 2014) dibuka dan dihadiri oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Alor bersama Kepala Seksi Pendais.
Para pemateri seluruhnya berasal dari MAN IC Gorontalo dan MAN IC Serpong, yang terdiri dari Dr. Suardi, M.Pd (Kepala MAN IC Gorontalo), Dra. Persahini Sidik, M.Pd (Kepala MAN IC Serpong), Muhammad Bahrul Ulum, Lc (Ketua Jurusan Agama), Gustinefa, M.Pd (Ketua jurusan IPA), dan Budianto, S.Sos (Ke1tua Jurusan Ilmu Sosial).

Jumlah Peserta pada Kegiatan Bimtek Kurikulum 2013 tersebut sebanyak 66 orang terdiri dari guru MI, MTs, dan Madrasah Aliyah se Kabupaten Alor. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala MAN Kedang Ismail Betawi, S.Pd bersama staf pengajarnya.
Kegiatan Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, penguasaan, dan kemampuan guru MA, MTs dan MI tentang konsep, tujuan, kompetensi inti dan kompetensi dasar, struktur kurikulum, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), metode dan media, bahan ajar, bahan tayang, dan perangkat pembelajaran lainnya seperti sistem penilaian, serta aplikasinya dalam implementasi Kurikulum 2013.
Dalam sambutannya Kepala Kementerian Agama Kabupaten Alor mengucapkan selamat datang dan ucapan terimakasi atas kehadiran Tim MAN Insan Cendikia Gorontalo dan MAN Insan Cendikia Serpong. Harapannya kepada seluruh peserta Bimtek agar dapat memanfaatkan kesempatan istimewa ini sebaik mungkin guna meningkatkan kualitas dan profesionalisme dalam memberikan pelayanan pendidikan pada Madrasah tempat pengabdiannya.
Hal sebadapun disampaikan oleh Kepala MAN Kalabahi, Drs. Pahlawan Pakro, M.Ag. Beliau menghimbau kepa2da seluruh peserta agar kesempatan emas ini harus digunakan sebaik mungkin guna meningkatkan kualitas profesionalisme kita sebagai tenaga pendidik.
Beliau pun menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah tahap awal bagi kita MAN Kalabahi dalam melakukan kerjasama dengan MAN IC Gorontalo dan MAN IC Serpong. Selanjutnya MAN Kalabahi akan tetap melakukan koordinasi dengan kedua MAN Insan Cendikia tersebut dalam pelaksanaan Ujian Try Out kelas XII melalui pembahasan prediksi soal-soal yang disiapkan oleh MAN Insan Cendikia Gorontalo dan Serpong.
Semoga kerja sama ini mampu meningkatkan kualitas para guru sehingga mampu mempersiapkan siswa-siswi Madrasah di Kabupaten Alor menjadi generasi yang mampu berkompetisi dan meraih prestasi yang gemilang.*** (HK)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: