Dampak Globalisasi Terhadap Semangat Nasionalisme Bangsa Indonesia


ABSTRAKSI

Oleh : Siti Maharani Bela

Siti Maharani BelaGlobalisasi tentunya membawa dampak bagi kehidupan suatu negara termasuk Indonesia. Globalisasi akan membawa berbagai pengaruh positif maupun negatif di berbagai bidang kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan budaya yang akan berpengaruh  pada semangat mewujudkan nilai-nilai nasionalisme bangsa.

Semangat nasionalisme merupakan salah satu modal utama yang harus dimiliki bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman-ancaman ketahanan nasional terutama globalisasi. Disadari atau tidak, nasionalisme bangsa memberikan pengaruh yang besar bagi kemajauan suatu bangsa tersebut.

Tujuan penulisan KTI adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh Globalisasi terhadap semangat nasionalisme bangsa Indonesia dan bagaimana cara menyikapi dampak negatif globalisasi terhadap semangat nasionalisme bangsa indonesia.

Metode penulisan Karya tulis ilmuah ini adalah dengan menggunakan deskripsi analisis dengan pendekatan literatur, yaitu mengumpulkan informasi dari berbagai sumber kepustakaan dari berbagai media, yang kemudian dianalisis dan ditulis berbadaskan kerangka penulisan yang diberiikan oleh guru pembimbing.

Hasil kajian menggambarkan bahwa globalisasi memberikan dampak positif dan negatif terhadap semangat nasionalisme bangsa Indonesia. Dampak positif dapat terlihat dari perubahan pola pandang, nilai, dan sikap masyarakat yang semula irasional menjadi rasional; berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang membuat masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju; serta tingkat kehidupan yang lebih baik dan meningkatkan taraf hidup masyarakat yang berujung pada semakin cintanya manusia Indonesia terhadap bangsa dan negaranya. Sedangkan dampak negatif globalisasi  terlihat dengan adanya perubahan budaya nasionalisme ke arah liberalisme; hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena banyaknya produk luar negeri; mayarakat lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia karena gaya hidupnya cenderung meniru budaya barat; sikap individualistik yang menimbulkan ketidakpedulian antarperilaku sesama warga; serta kesenjangan sosial.

Cara menyikapi dampak globalisasi terhadap nasionalisme adalah kita perlu memahami pentingnya nasionalisme untuk menjaga integritas kita sebagai bangsa Indonesia. Kita perlu meloakukan revolusi mental. Sikap mental yang kuat dan konsisten adalah salah satu bentuk konkrit yang dibutuhkan bangsa Indonesia pada saat ini. Bangsa Indonesia harus bangkit kembali dengan semangat nasionalisme yang lebih besar lagi untuk menghadapi globalisasi. Kita juga perlu menanamkan dan mengamalkan nilai- nilai Pancasila dengan sebaik-baiknya; memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa; selektif terhadap pengaruh globalisasi di segala bidang.

Selengkapnya klik link berikut :   Cover  – Lembaran Pengesahan  –  Kata Pengantar dan Daftar Isi  –   BAB 1 – 4


 

Satu Tanggapan

  1. […] Dampak Globalisasi Terhadap Semangat Nasionalisme Bangsa Indonesia. […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: