Pengaruh Globalisasi terhadap Pergaulan Bebas Remaja


dianGenerasi muda adalah tulang punggung bangsa di masa depan yang mampu meneruskan kepemimpinan bangsa ke arah yang lebih baik. Dalam mempersiapkan generasi muda juga sangat tergantung kepada kesiapan masyarakat. Masyarakat harus menyiapkan berbagai filter untuk menangkal perilaku-perilaku yang negatif yang datang dari luar dirinya, misalnya minuman keras, mengkonsumsi obat terlarang, sex bebas, dan lain-lain, yang dapat menyebabkan terjangkitnya suatu penyakit, misalnya HIV/AIDS.

Perkembangan teknologi dan informasi akan berimplikasi pada lahirnya perubahan perilaku generasi muda / para remaja. Perubahan perilaku bisa disebabkan karena kurang adanya pengawasan rutin yang dilakukan oleh orang tua dan keluarga, guru, pemerintah dan lembaga-lembaga masyarakat yang ada.

Tujuan pembuatan karya tulis ini adalah untuk mengetahui bagaimana pandangan islam tentang pergaulan bebas, faktor penyebab dan dampak pergaulan bebas serta solusi dalam mengatasi persoalan pergaulan bebas di kalangan remaja.

Hasil kajian menggambarkan bahwa globalisasi memberikan pegaruh yang cukup kuat bagi remaja dalam hal terjadinya pergaulan bebas. Siaran televisi, media online, internet dan lainnya sebagai faktor utama penyimpangan perilaku bagi remaja yang masih memiliki jiwa yang labil, sehingga seringkali remaja mengikuti apa yang dilihat dan di dengar dari media tersebut.

Solusinya adalah peran keluarga sangat menentukan perilaku para remaja. Pengawasan yang dilakukan secara rutin terhadap sarana-sarana teknologi yang dimiliki anak harus dilakukan, menasehati dan memberikan teladan yang baik kepada anak merupakan hal yang mesti dilakukan, menanamkan nilai-nilai dasar agama islam kepada anak merupakan landasan pokok yang harus diterima seorang anak agar perilaku mereka selalu terkendali dengan nilai-nilai tersebut.

Selengkapnya download di link ini :    Cover, Lembaran Pengesahan, Daftar Isi,   –   BAB 1 – 4,  –  Daftar Pustaka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: