Pancasila, Alat Pemersatu Bangsa yang Tak Tergantikan


Pancasila, Alat Pemersatu Bangsa yang Tak Tergantikan

IMG-20160229-WA0002

Seiring dengan kemajuan teknologi kami menemukan banyaknya pemikiran-pemikiran mengatasnamakan kelompok tertentu yang menginginkan agar ideologi pancasila ini digantikan dengan ideologi lainnya, baik dari kelompok keagamaan, etnis maupun sosial, dari dalam negeri maupun luar negeri. Katakan saja NII yang berpusat di Indramayu, GAFATAR, ISIS, kelompok Santoso dan lain sebagainya yang berusaha dengan gigih untuk mengubah Ideologi Pancasila dengan ideologi yang mereka inginkan.

Hal ini tentunya akan memberikan sebuah paradigma berpikir baru dan bahkan keragu-raguan dalam diri kami akan “kesakralan” pancasila yang pernah kami dengar dari guru dan orang tua kami. Terkadang kami berpikir apakah pancasila ini tidak pernah disepakati oleh para pendiri bangsa? ataukah pancasila hanya merupakan sesuatu yang ditemukan lalu diterapkan? Apakah tidak ada sebuah proses panjang dalam menjadikan pancasila sebagai ideologi negara? Sehingga saat ini banyak orang yang ingin menggantikan ideologi pancasila dengan ideologi yang mereka inginkan.

Pemikiran inilah yang kemudian mendorong kami untuk berpikir dan berbuat untuk mengetahui apa itu pancasila dan bagaimana peranan dalam kehidupan bangsa Indonesia yang pluralisme ini.

Dibawah bimbingan guru PKn, bapak Hadi Kammis, SH – kami mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan teknik wawancara dan kami menemukan sebuah kesimpulan bahwa “Pancasila, Alat Pemersatu Bangsa Indonesia Yang Tak Dapat Tergantikan”.

Pancasila merupakan sebuah ideologi yang sangat cocok bagi bangsa ini pancasila merupakan wadah yang menampung berbagai ajaran moral yang berasal dari semua kelompok agama dan budaya, dengan kata lain Pancasila bersumber dari nilai-nilai agama dan kebudayaan bangsa sehingga sangat tidak mungkin bagi siapapun untuk menggantikan ideologi bangsa ini dengan ideologi apapun dan dari manapun.

Laporan lengkap dowanload link ini Pancasila Alat Pemersatu Bangsa

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: