Administrasi Pembelajaran PKn Kelas XII Tahun 2017-2018


Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) memiliki visi dan misi mengembangkan peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air, melalui proses menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya; dan memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru; memahami dan menerapkan pengetahuan faktual dan konseptual tentang kewarganegaraan; dan menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual kewarganegaraan dengan terampil.

Untuk itu dikembangkan substansi pembelajaran yang dijiwai oleh 4(empat) konsensus kebangsaan yaitu :

  1. Pancasila, sebagai dasar negara, ideologi nasioanl, dan pandangan hidup;
  2. Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai hukum dasar yang menjadi landasan konstitusional kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;
  3. Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagai komitmen terhadap bentuk final Negara Republik Indonesia yang melindungi segenap bangsa dan tanah tumpah darah Indonesia;
  4. Bhinneka Tunggal Ika, sebagai wujud kesadaran atas keberagaman kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang utuh dan kohesif secara nasional dan harmonis dalam pergaulan antar bangsa.

Untuk tujuan tersebut maka guru PKn harus mempersiapkan diri dengan berbagai administrasi pembelajaran sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugasnya yang meliputi persiapan pembelajaran terdiri dari : 1) Silabus, 2) Program Tahunan, 3) Program Semester, 4) KKM, 5) RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), 6) Analisis Minggu Efektif dan JTM 2017-2018; peleksanaan pembelajaran meliputi strategi dan metode serta Modul Pembelajaran atau Bahan Ajar; dan pedoman evaluasi pembelajaran berupa administrasi penilaian meliputi nilai harian, nilai semester dan nilia akhir, perilaku, kogitif dan ketrampilan.

Download administrasi pembelajaran PKn kelas XII tahun 2017-2018 pada link di bawah :

.1 Silabus Revisi 2016,

2. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran),

3. Program Tahunan,

4. Program Semester,

5. Analisis Minggu Efektif dan JTM ,

6. KKM, 

7. Modul Pembelajaran, 

8. Aplikasi Evaluasi pembelajaran .

Semoga bermanfaat…,

Iklan

Memilih Pemimpin Memilih Masa Depan


Memilih Pemimpin Memilih Masa Depan

Antara Pengorbanan Rakyat dan Kelakuan Pemimpin

Oleh :  Mahrudin  Suluwetang, S.Ag

 

 

اَلسَّلامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ

اَللهُ اَكْبَرْ اَللهُ اَكْبَرْ اَللهُ اَكْبَرْ

اَللهُ اَكْبَرْكَبِيْرًا، وَالْحَمْدُلله ِكَثِيْرًا، وَسُبْحَانَ الله بُكْرَةً وَاَصِيْلاَ

لآاِلَهَ اِلاَّ الله وَحْدَهُ، صَدَقَ وَعْدَهْ، وَنَصَرَعَبْدَهْ، وَاَعَزَّجُنْدَهُ وَهَزَمَ اْلاَحْزَابَ َحْدَهْ

لآاِلَهَ اِلاَّ الله وَلاَ نَعْبُدُ اِلاَّ اِيَّاهْ، مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْكَرِهَ الْكَافِرُوْن

لآاِلَهَ اِلاَّ الله ُوَالله ُاَكْبَرْاَلله ُاَكْبَرْ وَلله ِالْحَمْد

نَحْمَدُالله حَقَّ حَمْدَهْ، وَنَشْكُرُهُ حَقَّ شُكْرَهْ

اَشْهَدُاَنْ لآ اِلَهَ اِلاَّالله ُوَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهْ

وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهْ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهْ

فَيَاعِبَادَالله، اُصِيْكُمْ وَاِيَّايَ نَفْسِيْ بِتَقْوَالله وَطَاعَتِهْ

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar walillahilhamd.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumulllah.

Pada hari yang penuh berkah ini, kita bersyukur kehadirat Allah Swt. yang telah memberikan rahmat, anugerah, dan karunia sehingga kita bisa menjalankan tugas sebagai khalifah-Nya di muka bumi ini dengan baik. Dari lubuk hati yang dalam, kita harus benar-benar menginsafi bahwa tanpa limpahan rahmat-Nya, mustahil kita melanjutkan kehidupan, apalagi menunaikan tugas-tugas yang telah dibebankan.Dan janganlah kita menjadi makhluk yang kufur nikmat, karena sesungguhnya jika kita menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kita menghitungnya.

Shalawat dan salam kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad Saw. yang telah menuntun umat manusia ke jalan yang benar sesuai syariat Islam. Dialah pendidik sejati yang menanamkan ruh iman ke dalam dada sahabat-sahabatnya, sehingga mereka menjadi sosok yang bisa memposisikan jiwa dan harta sesuai kehendak Ilahi.Dalam perjalanan sejarah, kita saksikan betapa mereka rela, bahkan berlomba untuk mengorbankan harta dan jiwanya demi meraih ridha Allah Swt.

Setiap tanggal 10 Dzul Hijjah, seluruh kaum Muslimin di dunia merayakan Idul Adha yang juga lazim disebut Idul Qurban.Ibadah ini sejatinya merupakan sarana untuk mengenang kisah heroik yang dipertontonkan dua anak manusia di pentas sejarah kehidupan yang sulit ditemui padanannya.Yaitu, Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail as.Kita semua sudah tahu rangkaian peristiwa yang dialami oleh kedua nabiyullah tersebut. Sejak dari keinginan Ibrahim untuk memiliki keturunan di usia senja, hingga kesediannya untuk menyembelih Ismail, putra kesayangannya.

 

Download materi khutbah lengkap disini

Khutbah Iedul Adha 1434 H

BAB 1 Ruang Lingkup Biologi


Kompetensi Dasar

3.1 Memahami tentang ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah, dan  prinsip keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.

4.1 Mengolah data tentang objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkatan organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.

 

Biologi adalah ilmu mengenai kehidupan. Istilah biologi diambil dari bahasa Belanda biologie, yang juga diturunkan dari gabungan kata dalam bahasa Yunani, bios = hidup dan logos = ilmu.

Tingkat organisasi kehidupan

Tingkat organisasi kehidupan adalah susunan yang menyusun suatu makhluk hidup. Tingkat organisasi kehidupan tersusun atas:

Molekul

Molekul adalah bagian terkecil senyawa yang terbentuk dari kumpulan atom yang terkait secara kimiawi (karbohidrat, lemak, protein dan asam nukleat).

Sel

Sel adalah bagian terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup. Sel tersusun atas bagian utama yaitu membran sel, sitoplasma dan inti sel. Di dalam sitoplasma terdapat organel-organel sel yaitu:

  1. Mitokondria yang berfungsi untuk menghasilkan energi
  2. Ribosom yang berfungsi untuk mensintesis protein
  3. Sentriol berfungsi untuk pembelahan sel

Vakuola berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan

Download materi lengkap pada link di bawah ini :

BAB 1 Ruang Lingkup Biologi

%d blogger menyukai ini: